Monday, January 28, 2019

Tv Led Polytron tidak ada gambar






Tv led polytron 32" typenya lupa gak sempat foto,dengan kerusakan tidak ada gambar dan suara terdengar normal,jadi begitu TVnya dihidupkan hanya ada suara saja,sedangkan gambar hanya kelihatan sebentar.
Saat tombol power remot ditekan, terlihat sekilas logo Polytron hanya sekitar 1 detik seperti gambar dibawah




Dan setelah itu hanya terdengar suaranya saja.
Supaya lebih apdol kita langsung bongkar tv tersebut untuk cek komponen dan tegangan,dan penampakan tv setelah dibongkar seperti gambar dibawah





Untuk gejala seperti itu,biasa yang bermasalah dibagian backlight dan step up atau driver untuk step up backlightnya.
Ukur semua tegangan seperti 5v_a,5v_b,stby,12v,EN dn lain2nya sudah ada hadir.
setelah dilakukan pengukuran komponen untuk backligtnya,terutama fet dan diodanya ternyata masih normal,dan pada saat dilakukan pengukuran tegangan di step up untuk tegangan backliht ternyata tegangan input dan output dc-dc  nya sama sekitar 22v,tapi pada saat pertama dinyalakan,outputnya sempat ada tegangan sktr 32v dc,lalu berangsur2 turun lagi ke 22v dc,coba dinyalakan tanpa MB dan backlightnya dengan memberi tegangan pada pin Enable untuk step up,tegangan keluaran tetap sama hanya sekitar 22v dc.
kemungkinan ic driver dc-dc yang bermasalah,searching di google tidak menemukan data ic tersebut,daripada pusing,kebetulan ada stok modul step up yang nganggur,dan langsung coba di pasang,setelah pemasangan step up tersebut,tegangan keluaran sekarang sudah bisa naik.
Karna ragu-ragu karna tidak tahu tegangan asli untuk backlight tv ini,ya tidak ada salahnya untuk bongkar panelnya agar yakin dan tidak hanya mengira2 saja tegangannya,
setelah membongkar panel,ternyata kancing untuk backlightnya sudah pada rontok,dan semuanya ada 3 renteng dengan jumlah led untuk 1 renteng 10 buah led,jadi total TV in memakai 30 buah led Backlight.
coba ditest satu persatu ternyata hanya 1 renteng yang nyala.dan terpaksa harus nunggu beberapa hari kana tidak ada stok,jadi harus order dulu.






Gambar diatas penampakan backlihgt lama dan penggantinya,dan dibawah penampakan sesudah dipasang


 Untuk modif/instalasi step up backlight dengan step up yang banyak dijual dipasaran akan dibahas di tutorial berikutnya. dan untuk vidionya bisa dilihat dibawah



Semoga bermanfaat

1 comment: