Thursday, May 10, 2018

ACER ASPIRE V5-431 TIDAK KELUAR GAMBAR

Di kesempan kali ini saya akan bahas tentang acer aspire v5-431 yang tidak keluar tampilan gambarnya bila tombol power di tekan terlihat lampu power dan Fun nyala normal,tapi di LCD tidak ada tampilan apa2,dan dari informasi user,Notebook ini baru di ganti LED/LCDnya.
Setelan siap di meja oprasi Notebook langsung saya buka semua baud2nya,dan tidak lupa batrai dan ram saya buka dulu.
setelah semua baud bawah terlepas,sekarang buka dulu keyboardnya dengan cara mencunkilnya,tapi ingat jangan pakai linggis ya,posisi cungkilannya ada di sebelah atas.untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah





Dan setelah terbuka lalu buka kabel flexinya






Lalu buka juga kabel2 lainnya




dan juga baudnya


Dan setelah semua terbuka lansung dilakukan pengukuan tegangan di setiap pin,karna dalam kasus ini notebook hanya tidak ada tampilan,jadi saya fokus ukur tegangan di sekitar LED/LCDnya.
dan ternyata benar saja ditemukan ada kejanggalan di tegangan DCBATTnya
Terukur tegangan di inpt ada sktr 15v,dan output atau yang menuju LCD hanya sekitar 1,5v saja.
sempat berpikir LCDnya yang gemblung,tp setelah socket LCD di buka ternyata masih drop juga tegangan outputnya.
setelah memperhatikan skema,ternyata di tegangan outputnya hanya ada beberapa kapasitor dan langsung masuk ke soket LCD,jadi sudah pasti tidak ada tersangka lain,hanya kapasitor ini lah tersangka utamanya.







Dan setelah kapasitor di ganti semua tegangan keluarannya normal,lalu pasang socket LCD dan pasang Ram,tekan tombol power dan untuk hasilnya lihat vidio berikut





Dan untuk yang membutuhkan skemanya silahkahka ambil DISINI
Untuk yang bingung DOWNLOAD silahkan baca postingan saya DISINI 

Oke mungkin cukup segitu dulu dari saya semoga sedikit penjelasan/tutorial ini membantu bagi anda yang membutuhkannya





1 comment: